Hokkhi Coklattiam : Kedai Coklat Pertama Di Magetan, Bernuansa Melayu Tionghoa Klasik

By Claudia - 12/08/2023 05:33:00 AM

  Setelah menjamurnya warung kopi kekinian dan mulai banyak bermunculan juga kedai kopitiam yang populer di kalangan anak-anak muda, di Magetan pun juga tak ketinggalan. Baru-baru ini hadir kedai minuman coklat dengan nuansa kopitiam, tempat yang memiliki ciri khas suasana klasik lawas kedai Cina kuno yang sesuai dengan namanya, disini menawarkan minuman coklat khas Coklattiam.

Karena aku juga penasaran sama tempat baru ini, akhirnya kemarin coba mengunjungi Hokkhi Coklattiam ini. Aku datang di pagi menjelang siang pada hari Minggu kemarin, dan beruntunglah karena baru buka, jadi belum terlalu ramai (malah baru aku dan temanku saja yang datang hehe).

Dari penampakan luarnya sudah terlihat nuansa Tionghoa. Dengan dominasi warna putih, hijau dan merah. Tempatnya kecil, terletak di sudut jalan, namun masih okelah untuk tempat bersantai sejenak dari penatnya rutinitas.

Dokumen Pribadi

Berdasarkan info yang ada di social medianya, Hokkhi ini diambil dari bahasa China (Hokkien) yang artinya hoki/keberuntungan, sementara Coklattiam dari kata "coklat" dan "tiam" yang artinya toko atau warung dalam bahasa China. Pertama kali didirikan oleh sepasang anak muda asal Magetan, karena kecintaannya pada es coklat dan barang-barang klasik kuno, dan diresmikan Agustus 2023 kemarin.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
    Dokumen Pribadi

Saat sudah di dalam, nuasa Melayu-Tiongkok klasik mulai terasa banget. Pemilihan ornamennya juga cocok dan sesuai dengan vibes-nya. Sesuai dengan klaim mereka, memang ini kedai coklat dan roti panggang pertama di Magetan, yang mengusung tema lawas. Cocok untuk para muda-mudi yang suka tempat-tempat aesthetic, yang berbeda dari kedai serta kafe kebanyakan.

Untuk kudapannya gimana??

Gak salah sih, coklatnya memang enak hihihi. Aku merekomendasikan minuman coklatnya. Kemanisan untuk aku yang gak suka minuman dan makanan manis (masih bisa ditoleransi kok hehe), tapi kalau kamu pecinta manis, kamu pasti akan suka.

Dokumen Pribadi

Untuk penyajian minuman coklatnya menarik, karena kita dikasih satu botol coklat terpisah dari esnya, dan bisa dinikmati sesuai selera. Untuk harga Rp12.000 ini worth it sih. Bisa kenyang sendiri sama esnya aja hihihi.

Dokumen Pribadi

Hokkhi Coklattiam juga menyediakan berbagai makanan, mulai dari makanan ringan khas 90-an, jajanan pasar, sampai makanan berat seperti nasi ayam sambal matah, nasi ayam telur asin, kwetiau, nasi goreng hongkong, dll.

Sebenarnya yang jadi signature makanannya adalah roti panggangnya, dengan berbagai pilihan rasa, yaa tapi karena aku yang tidak terlalu suka makanan manis, apalagi sudah pesan es coklatnya, jadi kudapan pada kesempatan kali ini cukup pangsit gorengnya aja. Oh ya, pangsit gorengnya enak juga loh hihihi, cobain. Info penting, walaupun kedai ini nuansa China-nya kental, tapi disini sudah halal ya. InsyaAllah aman.

Dokumen Pribadi

Mahal nggak? Eits, nonono. Dengan minuman yang dibandrol mulai Rp3.000 dan makanannya mulai dari Rp10.000 menurutku masih aman untuk dompet kok hehe, plus sudah kenyang juga.

Ada beberapa orang yang bilang kalau waktu yang pas datang kesini kalau sudah sore ke malem, karena nuansanya akan semakin terasa. Tapi kalau mau datang pas masih siangpun juga gak masalah kok. Malah bisa legaan karena belum banyak orang yang datang.

Jangan lupa mampir dan coba coklatnya ya hehe :)

__

Hokkhi Coklattiam
Jln. Bali no. 22 Magetan
Jam buka : 10.00 - 21.00 WIB, weekend 10.00 - 22.00 WIB, Senin tutup
Harga makanan : Rp10.000 - Rp20.000, minuman : Rp3.000 - Rp12.000
Instagram : @coklattiam

  • Share:

You Might Also Like

0 comments:

Terima kasih sekali sudah sempatkan membaca sampai akhir. Aku harap ada hal baik yang kamu dapatkan. Kamu boleh cantumkan blog-mu, agar aku juga bisa mampir kesana 🤎