Butuh Healing, Harus Mulai dari mana??

By Claudia - 3/27/2023 01:08:00 AM

 


Siapa yang disini ingin healing, atau bahkan merasa sudah butuh healing, ingin pulih, dan ingin keluar dari luka-luka psikologis yang pernah atau sedang dialami??. Tapi jangan salah yaaHealing yang dimaksud disini bukan healing-healing yang banyak disebutkan di sosial media. Bukan sekedar jalan-jalan, belanja-belanja, atau makan-makan saja. Kalau memang hal itu dirasa dapat menyebuhkan, menurutku akan menyembuhkan permukaannya, belum sampai ke akar-akarnya. 

Tapi waithealing yang sebenarnya itu apa sih?. Jadi, kata healing bukanlah kata yang baru. Healing mengacu pada arti penyembuhan. Lingkup penyembuhannya sendiri sebenarnya cukup besar. Arti healing dikaitkan dengan penyembuhan jiwa, batin, perasaan ataupun pikiran. Healing adalah termin untuk pemulihan atau penyembuhan secara general, dimana hal ini dapat dilakukan secara individu atau dibantu oleh profesional dengan beberapa metode, seperti terapi, aktivitas tubuh, dukungan emosional, dan metode pendukung lainnya.

Udah mulai ada gambaran yaaNah sekarang kita mulai perjalanan healing yang sesungguhnya yuk.

Yang paling utama adalah kamu tidak perlu denial. Kamu bisa mulai dulu dari mengakui bahwa luka yang bersemayam di hatimu benar-benar ada. Mengenali dan menerima tentang luka batin yang nyatanya memang ada di dalam dirimu. Jika telah mampu untuk mengakui, coba untuk menelaah kembali, permasalahan-permasalahan apa saja yang belum selesai, yang pernah terjadi di masa lalu. Psikolog mengenalnya dengan istilah unfinished business, yakni emosi dan memori masa lalu yang masih tersimpan dalam alam bawah sadar. 

Dengan tidak mengakui setiap emosi negatif  yang datang di dalam diri, sama saja dengan menunggu bom waktu. Emosi yang terpendam akan meledak pada suatu waktu, dan hal itu akan menjadikan keadaan semakin lebih buruk, lebih keruh dan berantakan.

Cara-cara yang bisa dilakukan dalam proses healing

Ada beberapa cara yang semoga bisa membantu kamu melakukan healing yang benar.

1.  Me Time

Memiliki kendala untuk mengubah perasaan kacau yang terjadi pada diri sendiri adalah hal yang perlu dilakukan. Menerima ketidaksempurnaan dan membentuk pikiran yang positif dari hal yang terjadi dan menjadikan moment ini dengan sebaik mungkin untuk lebih mengenal diri sendiri. Me time ini berguna untuk membuat kamu bisa meluangkan diri mulai berfikir tentang diri sendiri. Selain itu juga bisa digunakan untuk berbicara dengan diri sendiri dan berusaha jujur kepada diri sendiri. Dengan menggunakan waktu ini, kamu bisa benar-benar membuat diri terasa lebih bermakna. Di waktu ini juga penting untuk meyakinkan diri bahwa pusat dari kehidupanmu adalah dirimu sendiri. Hal ini dapat memberikan dampak yang positif bagi diri sendiri tentu saja. 


2. Mindfulness

Mindfulness adalah berpikir dengan kesadaran yang penuh, memaknai setiap peristiwa dan semua kejadian di masa lalu dengan lebih sehat. Hal ini dinilai berguna untuk diri sendiri, apalagi untuk membantu proses pengelolaan perasaan, pikiran, higga lingkungan yang ada pada diri kamu. 

Lalu bagaimana cara mindfulness ini??

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mencari tempat yang menurutmu bisa membuatmu tenang. Kemudian kamu lanjutkan dengan memejamkan mata atau cara lain yang kamu lakukan untuk menenangkan dirimu. Fokus pada dirimu sendiri dan segala pikiran yang kamu muliki. Dengan penuh kesadaran, sesuai yang kutulis diatas, coba mulailah untuk memahami setiap emosi yang ada di dalam dirimu. Oh ya, catatan, mindfulness akan lebih baik jika dilakukan secara rutin yaa.


3. Meningkatkan Self Compassion

Self compassion ini bisa disebut sebagai kemampuan untuk memahami deadaan emosi yang ada dalam diri, atau merupakan kemampuan diri dalam merespons emosi yang dialami serta keinginan agar dapat menolong diri sendiri. Dengan self compassion ini bisa memudahkanmu dalam memahami dan mencintai diri sendiri. Nah, dengan mindfullness yang sedikit kujelaskan diatas bisa meningkatkan self compassion dan kebermaknaan hidup, maksudnya adalah apabila kamu merasakan ketidaknyamanan dalam dirimu, kamu dapat memaknainya dengan lebih positif, menerima dengan perasaan lapang dada dan selalu berusaha untuk membebaskan diri dari kesedihan yang berlarut-larut.


4. Journaling

Cara ini dinilai memudahkan kamu untuk bisa mengerti apa yang kamu rasakan dan bagaimana kondisi perasaanmu selama ini. Menulis memiliki power untuk menyembuhkan diri. Journaling ini bisa dipilih karena tidak memerlukan aturan khusus, jadi lebih bermanfaat dalam upaya mengungkapkan segala emosi yang dirasakan. Dengan menuliskan apa yang kamu rasakan dapat membantumu untuk melihat masalah dari sudut pandang yang lain. 


5. Mencari Bantuan ke Profesional

Jika self healing yang kamu jalankan belum membuahkan hasil yang maksimal, tidak ada salahnya jika kamu mencari bantuan orang lain. Mengakui diri sendiri adalah makhluk sosial yang masih butuh orang lain juga bisa jadi penunjang proses healingmu. Jangan bertahan sendirian jika kamu tidak sanggup. Bukan sebuah aib jika kamu mendatangi psikolog atau psikiater untuk meminta bantuan. Sama halnya orang yang sakit fiisk, mereka akan mendatangi dokter, bahkan mengambil keputusan memilih dokter spesialis jika diperlukan sebagai ikhtiar menyembuhkan sakitnya. Psikolog dan psikiater akan membantumu dalam proses penyembuhan yang kamu jalani.


6. Memperdalam Kecerdasan Emosi dan Spiritual

Melibatkan Tuhan dalam setiap proses yang kamu lalui adalah salah satu hal yang juga bisa membuatmu lebih baik. Lagi-lagi sama halnya seperti sakit fisik, kesembuhan untuk segala macam masalah psikologis ada pada kehendak Tuhan. Tidak berdiam diri saja, namun juga berusaha untuk mencari "obat" agar sakit yang dirasakan bisa segera disembuhkan. 


Setiap luka batin, pengalaman pahit, dan masa lalu yang tidak menyenangkan hanya sebuah peristiwa. Setiap luka dan sakit bisa disembuhkan. Cukup kamu mau untuk lebih menghargai dirimu, lebih mencintai dirimu, dan memaknai apa yang terjadi dalam dirimu dengan bijak, aku yakin kamu akan sembuh, kamu akan jauh lebih baik, dan hidupmu akan lebih berharga dari sebelumnya. Hal yang indah masih ada menunggumu di depan sana. Semangat yaa.


My Words Might Heal You,

Keep Believe and Dream Big,
Claudia .


  • Share:

You Might Also Like

0 comments:

Terima kasih sekali sudah sempatkan membaca sampai akhir. Aku harap ada hal baik yang kamu dapatkan. Kamu boleh cantumkan blog-mu, agar aku juga bisa mampir kesana 🤎