Yuk Merawat Tanaman Hias! Bagus Lho Untuk Kesehatan Mental

By Claudia - 4/13/2023 12:05:00 AM


Bagi sebagian kita yang tidak memiliki akses ke ruang terbuka hijau, menanam tanaman hias jadi cara jitu yang bisa dipilih. Merawat tanaman hias sudah jadi hobi banyak orang, apalagi ketika Covid-19 kemarin, banyak orang yang berburu berbagai jenis tanaman. Tanaman hias nyatanya tidak hanya membuat ruangan atau pekarangan jadi indah, namun banyak juga hal positif yang bisa didapatkan, antara lain menghilangkan polutan, menjadikan kualitas udara jadi lebih baik, membuat diri lebih produktif, meningkatkan kreativitas, hingga membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

Kok bisa merawat tanaman hias berpengaruh ke kesehatan mental?? 

Manfaat Merawat Tanaman Hias Bagi Kesehatan Mental
Belum banyak penelitian yang secara kuat menjelaskan apa manfaat khusus dari tanaman hias untuk kesehatan mental, hanya saja banyak penelitian yang telah menunjukkan manfaat yang besar dari ruang hijau dan berkebun untuk kesehatan mental. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menumbuhkan Produktifitas dan Kreativitas
Orang yang bahagia akan memiliki kreatifitas serta produktifitas yang tinggi. Kok bisa?. Aktifitas berkebun tentu melakukan banyak aktifitas fisik, semisal menyiram tanaman, memindahkan tanaman dari satu pot ke pot yang lain, menjaga tanaman hias tetap tumbuh sehat , mengembangbiakkan tanaman yang sudah muncul tunas baru, dll dapat menumbuhkan dan meningkatkan kreatifitas produktifitas sehari-hari. Sebuah organisasi dari Amerika, American Horticultural Therapy Association mengatakan bahwa merawat tanaman memberikan kenikmatan secara psikologis dan bermanfaat untuk kesehatan fisik, hal ini dikarenakan kita akan terus bergerak dengan aktifitas yang positif.

2. Mengurangi Rasa Cemas dan Stres
Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi cemas dan stres adalah dengan cara melakukan aktifitas berkebun. Berinteraksi dengan tanaman, dalam hal ini berkebun setiap hari dapat berdampak pada tingkat stres yang lebih rendah serta kesejahteraan hidup yang lebih baik. Dengan aktifitas ini juga mampu untuk meningkatkan emosi lebih positif

3. Meningkatkan Kinerja Otak
Selain meredakan stres, merawat tanaman secara aktif dan berkala dapat membuat kita lebih fokus dan mudah untuk lebih berkonsentrasi. Dengan terlatih untuk fokus dan konsentrasi, dapat menajamkan daya ingat dan kinerja otak. 

4. Membantu Pemulihan
Merawat tanaman banyak memberikan manfaat emosional. Hal ini menjadi poin penting untuk membantu pemulihan, termasuk pemulihan trauma masa lalu. Manfaat emosional lainnya yang bisa mendukung adalah dapat memunculkan rasa bangga serta kepuasan pada diri sendiri.

Ternyata lumayan juga yaa manfaat dari merawat tanaman hias untuk kesehatan mental. Banyak hal mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita. Dengan melakukan hal yang sederhana, bisa menyenangkan, membuat hati lebih tenang, dan lingkunganpun juga lebih sehat. Selamat menanam, dan tetap jaga kesehatan mentalmu selalu yaa.



My words might heal you,

Keep Believe and Dream Big,

Claudia .  

  • Share:

You Might Also Like

0 comments:

Terima kasih sekali sudah sempatkan membaca sampai akhir. Aku harap ada hal baik yang kamu dapatkan. Kamu boleh cantumkan blog-mu, agar aku juga bisa mampir kesana 🤎